Rabu, 01 September 2010

Tips Tips Ngenet di Warnet supaya aman


Bismillah,

Banyak jalan menuju dunia maya, begitulah kira-kira kata pepatah ( saya he he ). Sekarang, untuk bisa online di dunia maya gak sesulit dulu. Banyak akses untuk kearah sana, bisa online di PC rumah yang terkoneksi, di laptop via hotspot kampus/mall, di HP, dan alternatif yang paling gak bikin ribet adalah dengan mengunjungi warnet. Yup..dengan munculnya warnet dimana-mana membuat akses internet kini semakin mudah dan murah, cukup dengan uang Rp 2000-3000 / jam, teman teman udah bisa browsing, chating, download, blogging dll.

Kalo teman teman ngenet di warnet, mungkin teman teman gak harus terlalu mikir gimana caranya daftar ke provider, atau harus punya line telepon dulu, dsb. Tinggal duduk, nyalain komputer, ngenet, kalo udah tinggal bayar billing ke operatornya. Pulang deh. Eiits ada tapinya loh…kalo teman teman ngenet di warnet harus hati-hati aja. Soalnya saya adalah seorang Operator di sebuah Warnet, jadi saya sudah sedikit banyaknya mempunyai pengalaman bagaimana kehidupan sehari-harinya di warnet (:D gak penting ). Karena saya kini selalu online sambil jagain warnet jadi wajarlah yah saya jadi sering keluyuran di blognya teman-teman ^^

Oke..ada beberapa hal penting yang harus teman-teman perhatikan kalau mau online di warnet, diantaranya :

  • Kalau baru pertama kali berkunjung ke warnet tersebut, tanya dulu berapa harga per-jamnya supaya teman teman bisa memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan buat ngenet. Jangan sampai hanya bawa uang nya sedikit tapi malah keasyikan ngenet sampai billingnya bengkak, bisa-bisa ditendang nanti sama operator nya karena gak bisa bayar billing. Dan yang pastinya biar teman-teman gak ngerasa kemahalan ngenet di warnet tersebut. Kata Openya pasti bilang gini ” ya salah siapa gak nanya dulu..??:D
  • Kalau teman teman dimohon untuk membuka alas kaki, tolong perhatikan apa yang teman teman pakai pas masuk ke warnet tadi, jangan sampai pas masuk pake sendal jepit jelek keluar malah pake sendal yang bagus punya orang, atau sebaliknya sendal teman teman dituker atau gak sengaja ketuker sama punya user yang lain.
  • Pilihlah tempat duduk yang paling nyaman..seandainya penuh, atau gak ada tempat duduk yang lain, maka bersabarlah menunggu, kalo udah agak kosong teman teman bisa minta pindah komputer sama Ope nya..
  • Kalo misalnya ada yang aneh di komputernya, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya sama ope nya. Seperti kata pepatah..Malu bertanya sesat di dunia maya he he
  • Kalo lagi ngetik, jangan lupa untuk save dari awal ngetik dan sering-seringlah untuk pencet Ctrl + S agar tulisannya tak sia-sia dikarenakan misalnya mati lampu, komputer hang dan lain-lain. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan ( nyambung gak sih peribahasanya? hehe )
  • Begitu juga halnya dengan hasil download, jangan sampai salah simpan. Pastikan ditaruh di drive D ( kalau ada ) atau di My Document, jangan disatuin di Drive C yang biasanya berisi proggram files. Biasanya komputer warnet selalu dipasangi Deep Freeze, itu loh software buat ngereset lagi program-program apabila komputer di restart. jadi kalo teman teman nginstal program atau aplikasi di komputer nanti kalo di restart program itu akan ke uninstal sendiri kecuali kalo teman teman bisa buka Password Deep Freeze nya. So Check Out..
  • Lihat juga apakah Antivirus nya aktiv ato ter update di komputernya. Antisipasi aja sih..Komputer warnet bisa jadi sarang virus dan mungkin saja bisa nular melalui Flash Disk, kalo bisa scan terlebih dahulu flash disk nya sebelum dan sesudah ngenet.
  • Jangan pernah lupa untuk menghapus semua password login masuk ke web ( Facebook, email, Blog ) atau membersihkan history di browser yang teman teman pake. Ini adalah antisipasi dari tangan-tangan jahil yang mungkin punya niat jahat. Biasanya mereka main dari alamat email login atau password yang masih nyangkut di komputer warnet.
  • Jangan pernah lupa untuk men sign-out atau Log-Out jika habis membuka email, YM, Friendster, Facebook, Blog, dll. Jangan hanya meng-close browsernya saja, tapi benar-benar pastikan akun nya sudah keluar. Ini juga bisa jadi sumber bahaya yang mengancam akun anda, bisa-bisa tangan tak bertanggung jawab menggunakan akun anda untuk hal-hal yang kurang baik.
  • Jangan mendownload file yang besar jika koneksi lagi kurang bagus, selain anda kecewa karena lama juga kasihanilah user yang lain, karena akan berpengaruh ke koneksi. Kecuali emang koneksi lagi benar-benar bagus dan anda punya banyak uang he he. Lebih baik anda minta untuk sama Ope untuk mendownload file yang anda minta, itu bisa membantu ope untuk mendapatkan uang tambahan ha ha
  • Kalau mau nitip file di komputer warnet, terlebih dahulu bilang sama ope nya biar file nya gak di hapus, karena sewaktu-waktu file-file yang ada di komputer client akan dihapus biar gak beratin Hardisk.
  • Kalau mau ngeprint juga sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada ope, ukuran kertasnya apa, warna atau enggak dsb..biar sama-sama enak aja, kamu bener ngprint nya. Ope juga gak rugi karena terhindar dari kesalahan ngeprint..teman teman gak mau ganti kan kalo salah ngeprint??
  • Sebagai ope, saya menghimbau kepada teman teman kalau ngenet di warnet agar sama-sama menjaga fasilitas warnet, semisal mouse, keyboard, headset, webcam dan lain-lain. Soalnya saya pernah kemalingan pas saya jaga..nombokin deh.:D nasib…
  • Kalo mau udahan ngenetnya, jangan lupa pas udah keluar dari tempat ngenet, periksa barang-barang bawaan nya terutama yang paling sering banget ketinggalan adalah Flashdisk, HP, Kunci Motor, Dompet dsb.
  • Pas bayar di Meja Admint, jangan lupa hitung kembali uang kembaliannya kecuali kalau udah ngasih uang pas.
  • Kalau misal yang wanita (apalagi yang merasa cantik, manis dan imut ), boleh deh meninggalkan nomer Hp nya sama ope yang lagi jaga. Ha ha ha ( Genit MODE ON, becanda ding wkwkw tar pada ilfill lagi penggemar hehe )

Sebenarnya masih banyak sih :D ..itu menurut pengalaman saya saja. Mungkin bisa sedikit jadi informasi buat teman-teman semua.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar